Dampak Perubahan Sosial Dibidang Ekonomi

Posted by

Perubahan memang pasti dan akan terjadi pada kehidupan sosial, dan itu harus di rasakan oleh masyarakat. Untuk masyarakat haruslah siap siaga untuk mencegah terjadinya dampak perubahan pada bidang ekonomi. 

Untuk itu masyarakat harus siap dengan apa yang terjadi nanti, karena gaya hidup serta proses aktivitas ekonomi terus meningkat, dan dampak yang terjadi tidak tercukupinya kebutuhan bidang ekonomi. 

Perubahan sosial di bidang ekonomilah yang akan terasa dampaknya bagi pemerintahan. Hampir semua masyarakat lebih menyukai produk luar negsri dibandingkan dengan produk dalam negeri.

Gaya konsumtif merupakan hal yang dikhawatirkan, karena masyarakat cenderung mengutamakan gengsi dan tidak sesuai dengan apa yang mereka miliki saat ini. Rasa gengsi masyarakat timbul, karena tidak ingin tersaingin oleh orang lain. Misalnya saja, fenomena masyarakat lebih sering mengganti smartphone dengan yang baru, dan selalu makan yang mewah itu disebabkan karena adanya gengsi antara sesama.

Seringnya tidak puas dengan apa yang dimiliki saat ini oleh masyarakat itu sendiri. Sifat manusia yang tidak ada puas dan lebih sering tidak memikirkan orang lain yang masih kurang beruntung dari mereka.  

Beberapa kebiasaan masyarakat inilah yang sering dan acapkali memberikan dampak perubahan sosial. Kebiasaan ini terjadi karena keborosan dalam gaya hidup yang tidak sesuai dengan apa yang dimiliki. Untuk memenuhi keinginannya mereka lebih pilih ke tempat yang mahal.

Hal ini akan menyebabkan terjadinya perubahan ekonomi yang cukup signifikan, Inilah yang harus dirubah oleh pemerintah untuk menghipnotis kembali agar lebih memilih produk dalam negeri serta meningkatkan kualitas daya saing ekonomi rendah agar bisa serasi dan seimbang serta memiliki nilai jual yang setidaknya sama. 


Blog, Updated at: 03.41

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts