Selisih Harga Jual dan Beli

Posted by

Jual beli adalah sebuah aktivitas atau kegiatan menjual atau membeli barang dan jasa. Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai atau melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan. Sebagai contoh kegiatan jual beli yang terjadi di pasar dimana penjual menawarkan barang sedang pembeli akan menyiapkan sejumlah uang untuk memperoleh barang yang diinginkan.

Jika kita ingin memperoleh barang yang kita inginkan maka kita harus melakukan pertukaran untuk mendapatkannya. Misalnya penjual menyerahkan barang kepada pembeli sebagai gantinya pembeli menyerahkan uang sebagai penganti barang kepada penjual.

Dalam hal ini Seorang pedagang diharuskan untuk bisa menghitung dan atau mengetahui selisih harga jual dan beli terhadap suatu barang yang diperdagangkan dimana ketika seorang pedagang membeli barang dari pabrik maka akan diketahui harga untuk dijual lagi dipasar dan menambah selisih harga untuk diambil sebagai satu keuntungan dalam setiap aktivitas perdagangan.

Harga barang dari pabrik disebut modal atau harga pembelian sedangkan harga dari hasil penjualan barang disebut harga penjualan. Dalam perdagangan sering terjadi dua kemungkinan yaitu pedagan mendapat untung dan rugi. Pedagang dikatakan memperoleh keuntungan (selisih untung) jika harga jual lebih besar dari harga beli, sedangkan pedagang dikatakan merugi (selisih rugi) apabila harga jual lebih kecil dari harga beli.
Harga pembelian, harga penjualan, untung, dan rugi 
  • Harga Pembelian adalah harga yang ditetapkan berdasarkan jumlah uang yang diberikan pada saat membeli suatu barang. Harga pembelian di sebut juga modal. Dalam situasi tertentu harga pembelian (modal) ditambah dengan ongkos atau biaya lainnya. 
  • Harga Penjualan adalah harga yang ditetapkan berdasarkan jumlah uang yang diterima pada saat menjual suatu barang. 
  • Untung adalah selisih antara harga pembelian dan harga penjualan, dengan syarat harga penjualan lebih tinggi dari harga pembelian 
  • Rugi Adalah selisih harga penjualan dan harga pembelian dengan syarat harga penjualan lebih rendah dari harga pembelian.


Blog, Updated at: 14.24

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts